2019-09-15

Cara cepat ganti oli forklift

Perawatan forklift sama seperti perawatan kendaraan bermesin lainnya, forklift juga membutuhkan perawatan forklift yang benar. Selain sparepart , pelumas/oli juga dibutuhkan untuk mesin agar mesin dapat beroperasi dengan baik. Oli sudah menjadi seperti spare part fast moving yang memang dibutuhkan oleh setiap mesin dalam jarak tempuh atau jam kerja tertentu. 

Seiring pemakaian, oli yang berada didalam mesin akan mengalami  reaksi kimia sehingga mengubah warnanya menjadi terlihat hitam. Pada situasi seperti ini, maka mesin forklift dapat berjalan lamban juga suara mesin akan terdengar lebih keras dari biasanya. Maka disinilah saatnya mengganti oli forklift di butuhkan.

Lantas, berapa lama ganti oli forklift? Salah satu tanda anda harus segera menggati oli forklift adalah dengan keluarnya asap berwarna hitam. Bila sudah seperti ini di anjurkan agar segera megganti oli forklift. Jika tidak, filter oli akan tersumbat, mesin forklift Anda tidak lagi cukup dilumasi, dan pada akhirnya akan terlalu panas dan rusak sepenuhnya, dan saat anda mengganti oli forklift sudah tidak berguna lagi.  

Berikut cara mengganti oli forklift secara profesional :

1. Nyalakan dan matikan mesin.
Nyalakan mesin dan biarkan berjalan sampai oli hangat.Kemudian matikan mesin. Anda akan melihat bahwa oli lebih tebal dan lebih mudah untuk dikeringkan.

2. Siapkan perlengkapan.
Sambil menunggu, siapkan kunci yang dibutuhkan dan siapkan wadah penampung oli yang akan diganti.

3. Lepas baut dan penutup oli.
Lepas baut yang ada di bawah mesin dan lepas penutup oli mesin. Pastikan oli tidak tercecer kemana-mana untuk menjaga kebersihan area.

4. Keluarkan oli.
Buang oli yang ada didalam mesin dan Tunggu 30 -50 menit hingga mesin benar-benar kering. Kemudian buang oli bekas tersebut dan pasang baut kembali.

5. Isi oli sampai batas atas kapasitas. 
Pastikan baut sudah terpasang, kemudian tuang oli baru hingga batas atas, pastikan oli tidak meluber kemana-mana. kapasitas oli mesin forklift komatsu mungkin berbeda dengan kapasitas oli mesin forklift mitsubishi dan forklift mesin lainnya. begitupun kapasitas oli mesin forklift 5 ton dengan kapasitas oli mesin forklift 2.5 ton juga berbeda.

6. Tutup kembali penutup oli.
Tutup kembali penutup oli dan pastikan tertutup dengan sempurna.

7. Nyalakan mesin
Tunggu beberapa saat sebelum menyalakan mesin, kemudian nyalakan mesin agar oli dapat bersilkulasi dengan sempurna.

8. Matikan mesin forklift dan selesai.
Bila ada bagian yang belum difahami, segera hubungi profesional agar dapat melakukan penggantian oli dengan sempurna.

Mengenal 6 komponen utama forklift diesel, fungsi dan jenisnya

Di lihat dari segi tenaga penggeraknya. Forklift memiliki 3 jenis tenaga penggerak. Diantaranya forklift bertenaga listrik, forklift bertenaga diesel dan forklift bertenaga gas.

Pembahasan kita kali ini adalah untuk mengetahui komponen utama forklift diesel dan fungsinya.
Penggunaan forklift sudah tidak asing lagi di dunia industri terutama industri yang memerlukan alat untuk mengangkat dan memindahkan benda dengan beban yang sangat berat. Forklift sendiri dirancang untuk memudahkan setiap pekerjaan agar lebih efisien.

Forklift yang biasa di gunakan untuk pekerjaan diluar ruangan adalah forklift diesel. Ini disebabkan karena forklift jenis tersebut memiliki gas asap buang yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan keselamatan juga memiliki suara yang bising saat digunakan.

Namun demikian, seiring perkembangan zaman dan teknologi, katalis dan pemurni knalpot dapat mengurangi emisi berbahaya dan membuat alat berat ini dapat diterima untuk penggunaan sesekali di dalam ruangan. 

Forklift Mesin diesel ini juga lebih hemat bahan bakar dan memiliki akselerasi dan kecepatan angkat yang lebih baik. Itulah mengapa forklift jenis ini sering digunakan di dalam Industri untuk  memudahkan pekerjaan serta menekan biaya anggaran perusahaan.

Di tinjau dari segi komponennya, ternyata forklift mesin diesel ini tidak jauh berbeda dari jenis forklift yang lain. Namun terdapat bagian-bagian penting yang terdapat didalam forklift bermesin diesel.

Baca juga :
Rental Forklift Cilegon
Komponen penting forklift dan bagian-bagiannya 


1. Mesin Penggerak
Sesuai namanya, Forklift bertenaga diesel ini jelas menggunakan mesin diesel. Mesin diesel lebih hemat bahan bakar daripada mesin bertenaga LPG dan dapat dijalankan dengan diesel merah dan tangki bahan bakar rata-rata 50 liter. Mesin ini berfungsi sebagai penggerak utama pada sistem hidrolik, sistem brake, steering, transmisi, dan bagian penting lainnya. 

Kinerja truk diesel biasanya lebih baik daripada alternatif listrik, dengan akselerasi dan kecepatan angkat yang lebih baik. Selain itu, jika diperlukan attachment hidraulik, seperti klem yang berputar, penebar garpu hidrolik, tippler maju, dll forklift jenis ini dapat bekerja lebih baik. Biaya perawatan dan servis untuk forklift diesel ini lebih rendah daripada gas, karena komponen mesinnya lebih kuat dan beroperasi dengan "putaran" yang lebih rendah, sehingga mesin diesel memiliki umur yang jauh lebih lama sebelum aus.

2. Garpu atau fork 
Garpu atau fork di dalam bagian forklift berfungsi sebagai penopang untuk lifting dan tilting. Garpu ini terbuat dari 2 buah batang besi panjang berbentuk siku dengan kapasitas angkat 3 hingga 25 ton.  Biasanya sebelum proses pengangkatan, barang tersebut diletakan diatas pallet supaya barang tetap dalam kondisi yang seimbang dan tidak jatuh.

Baca juga :
Rental Forklift Cilegon
Komponen penting forklift dan bagian-bagiannya 

3. Mast
Ialah bagian penting dalam sistem angkat forklift jenis diesel ini. Mast terhubung dengan sistem hidrolik yang berfungsi untuk mengangkat atau menurunkan barang. Mast memiliki jangkauan angkat dari 3 meter hingga hingga 6 meter. Mast adalah bagian penting dalam sistem angkat. Mast berhubungan dengan sistem hidrolik yang berfungsi untuk lifting dan tilting.

4. Counterbalance / Counterweight
Pada saat forklift mengangkat beban berat, beban yang di angkat oleh forklift mesti di pastikan dalam kondisi seimbang. Berat penyeimbang sebanding dengan berat beban maksimal. Didalam forklift jenis diesel ini, penyeimbang berada di bagian belakang forklift. Sedangkan untuk lift listrik, baterai sering dijadikan sebagai penyeimbang.

5. Kabin
Kabin didalam Forklift bertenaga diesel ini dapat di Instal sesuai kebutuhan. biasanya untuk forklift jenis ini sudah teristal kabin karena fungsi kabin sendiri untuk melindungi operator dari kejatuhan benda berat juga dapat melindungi operator dari sengatan matahari dan hujan saat bekerja di luar ruangan. Kursi pengemudi diposisikan untuk memungkinkan operator mengendalikan semua kontrol sepenuhnya. 

6. Ban 
Ban forklift biasanya terbagi menjadi ada 2 jenis ban diantaranya ban yang diisi oleh angin dan ban yang tanpa angin. Ban yang tanpa angin ini biasanya digunakan di medan yang lebih berat sedangkan untuk medan yang lebih ringan biasanya digunakan ban yang diisi oleh angin. Ban forklift terdapat di depan dan belakang, dan masing masing terdapat 2 belakang, dengan besaran yang berbeda. karena masing-masing ban memiliki fungsi yang berbeda.

Untuk Rental Forklift melalui https://www.rentalforkliftcilegon.com

Silakan hubungi kami melalui kontak dibawah ini, pilih tombol yang anda inginkan

Komponen penting forklift dan bagian-bagiannya


"Forklift" adalah istilah luas yang mencakup hampir dua lusin desain yang berbeda. Untuk itu kami fokus pada forklift penyeimbang/ counterbalance forklift.

Forklift merupakan alat bantu yang dapat bermanuver untuk mengangkat atau memindahkan benda yang memiliki beban berat . Biasanya forklift di gunakan didalam Industri untuk produktivitas dan efisiensi pekerjaan. 

Dalam banyak pekerjaan, forklift penyeimbang biasanya merupakan peralatan pendukung yang paling umum digunakan. 

Untuk menjaga keawetan forklift agar dapat digunakan dengan baik, perlu dilakukan perawatan dan maintenace secara berkala terhadap bagian-bagian penting forklift tersebut. Hal ini dilakukan supaya pada saat digunakan, forklift mampu bekerja tanpa masalah yang berarti serta dapat memperpanjang usia forklift itu sendiri.

Selain penggantian spare part , cara pemakaian juga tidak boleh diabaikan karena ini juga dapat berdampak terhadap masa pemakaian forklift tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai forklift, berikut beberapa bagian penting dalam forklift yang bisa anda ketahui.

Beberapa bagian penting dalam forklift dan fungsinya

Fork / Garpu

Fork merupakan bagian utama dari forklift yang berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan barang, Fork yang terbuat dari besi ini memiliki standar panjang 1070 mm, terletak di bagian depan forklift, dekat ban, dan memanjang ke luar. panjang fork dapat di tambahkan dengan menginstal fork extension. Hal yang perlu diperhatikan saat mengangkat beban yaitu dengan mengatur lebar fork,  juga pastikan bahwa dimensi beban dan kapasitas berat  juga diketahui.

Carriage 

Carriage merupakan bagian yang terpenting dari forklift. Ia berfungsi sebgai penghubung antara mast dan fork. Carriage juga berfungsi sebagai tumpuan keamanan saat barang berada dalam kondisi di atas mast lifting.

Mast 

Ialah bagian utama dalam sistem angkat. Mast terhubung dengan sistem hidrolik yang berfungsi untuk mengangkat atau menurunkan barang. Mast memiliki jangkauan angkat dari 3 meter hingga hingga 6 meter. Mast adalah bagian utama dalam sistem angkat. Mast berhubungan dengan sistem hidrolik yang berfungsi untuk lifting dan tilting.

  • Lift Silinder

Silinder pengangkat ini memberi daya pada gerakan vertikal beban pada tiang. Ini biasanya sebuah silinder kerja tunggal dan ukurannya ditentukan oleh ukuran tiang dan jumlah tahapan. Bergantung pada jumlah penggunaan dan ukuran muatan, silinder pengangkat mungkin perlu diganti selama masa pakai.
  • Tilt Cylinder

Silinder kemiringan mengontrol kemiringan fork/garpu depan dan belakang. Cylinder ini membantu memberikan posisi yang tepat untuk beban relatif permukaan tempat beban ditempatkan. Ini berguna jika berada pada permukaan yang sedkit naik  atau jika forklift berada pada sudut yang relatif miring terhadap medan. Ini juga penting dalam melepaskan tekanan pada palet untuk memungkinkan garpu mundur tanpa menggerakkan palet dengannya. Silinder miring juga dapat dipakai tergantung pada jumlah penggunaan dan ukuran beban dari waktu ke waktu.
  • Silinder Ayun

Beberapa truk memiliki silinder ayun. Silinder ini memungkinkan beban berayun ke kiri atau kanan hingga 90 ° tergantung pada aplikasi. Mereka mungkin menjadi bagian dari ekstensi gunting yang mendorong beban menjauh dari tiang untuk memungkinkan silinder ayun terlibat.

Counterbalance / Counterweight

Karena beban berat yang terangkat dengan forklift, mereka harus diimbangi dengan benar. Berat penyeimbang sebanding dengan berat beban maks dan mengimbangi beban yang dibawa oleh garpu. Dalam lift pembakaran internal, penyeimbang adalah bobot mati yang ada di bagian belakang forklift. Untuk lift listrik, baterai sering berfungsi sebagai penyeimbang.

Kabin

Kabin mungkin terbuka atau tertutup tergantung pada masalah keamanan atau lingkungan:
Kursi pengemudi diposisikan untuk memungkinkan operator mengendalikan semua kontrol sepenuhnya. Dalam forklift listrik, kursi juga berfungsi sebagai mati otomatis, yang berarti bahwa ketika operator berdiri atau meninggalkan forklift, listrik ke lift terputus.

  • Overhead Guard 

Di lingkungan yang berpotensi berbahaya, over head guard dapat ditempatkan untuk melindungi operator dari serpihan yang jatuh atau kegagalan muatan saat berada di ketinggian. Pelindung overhead juga dapat diperkuat jika diperlukan.

Kontrol Tuas 

Kontrol tuas memungkinkan operator menggunakan mekanisme pengangkatan untuk memanipulasi beban. Tuas ini meliputi:

  • Tilt Lever - Mengontrol sudut garpu relatif ke tanah.
  • Lift Lever - Melibatkan mekanisme pengangkatan pada tiang.
  • Side Shift Lever - Memungkinkan muatan dipindahkan beberapa sentimeter ke kiri atau kanan.
  • Swing Lever - Untuk truk dengan mekanisme swing seperti yang digunakan untuk sistem racking, tuas swing memungkinkan muatan diputar hingga 90 ° ke kiri atau ke kanan. Sistem ini juga akan mencakup mekanisme gunting dan tuas ekstensi yang memungkinkan beban ayun didorong ke depan untuk penentuan posisi di dalam rak.

Rem

Rem forklift terdiri dari sepatu rem dan drum rem. Mereka bergerak melalui pedal kaki atau rem tangan. Banyak forklift listrik modern memiliki pengereman regeneratif, ini menggunakan motor listrik untuk memperlambat forklift, dengan energi yang dihasilkan digunakan untuk mengisi ulang baterai.

Ban

Beban dan lingkungan akan menentukan jenis ban yang akan digunakan. Untuk lingkungan indoor, industri, dan gudang, ban bantalan paling sering digunakan. Untuk penggunaan luar ruangan, ban pneumatik lebih umum.

Roda

Pada forklift Anda memiliki roda penggerak dan roda kemudi. Tidak seperti mobil, setir ada di belakang dan setir di depan.

Roda kemudi diposisikan di bagian belakang untuk memberikan lingkaran belok yang kencang, memberikan kemampuan manuver yang dibutuhkan di dalam gudang atau halaman. Akan ada 2 roda untuk kemudi di tengah, atau seperti yang lebih umum 1 di setiap sudut belakang.

Ringkasan

Forklift dapat membantu operator dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan efisien untuk memindahkan beban berat atau besar. Jenis fasilitas, tinggi, ukuran beban maks, lingkungan dan faktor lainnya dapat memengaruhi jenis dan kemampuan forklift yang diperlukan.
Dalam lingkungan industri untuk penggunaan yang berat, banyak bagian yang akan membutuhkan penambahan atau pergantian. Namun, pemeliharaan yang baik dan layanan yang rajin bersama dengan pengetahuan kerja yang baik dari bagian lift yang dibeli akan memberikan pengembalian investasi jangka panjang dan yang aman bagi semua yang terlibat.


Untuk Rental Forklift melalui https://www.rentalforkliftcilegon.com

Silakan hubungi kami melalui kontak dibawah ini, pilih tombol yang anda inginkan