Mengenal 6 komponen utama forklift diesel, fungsi dan jenisnya

Mengenal 6 komponen utama forklift diesel, fungsi dan jenisnya

Di lihat dari segi tenaga penggeraknya. Forklift memiliki 3 jenis tenaga penggerak. Diantaranya forklift bertenaga listrik, forklift bertenaga diesel dan forklift bertenaga gas.

Pembahasan kita kali ini adalah untuk mengetahui komponen utama forklift diesel dan fungsinya.
Penggunaan forklift sudah tidak asing lagi di dunia industri terutama industri yang memerlukan alat untuk mengangkat dan memindahkan benda dengan beban yang sangat berat. Forklift sendiri dirancang untuk memudahkan setiap pekerjaan agar lebih efisien.

Forklift yang biasa di gunakan untuk pekerjaan diluar ruangan adalah forklift diesel. Ini disebabkan karena forklift jenis tersebut memiliki gas asap buang yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan keselamatan juga memiliki suara yang bising saat digunakan.

Namun demikian, seiring perkembangan zaman dan teknologi, katalis dan pemurni knalpot dapat mengurangi emisi berbahaya dan membuat alat berat ini dapat diterima untuk penggunaan sesekali di dalam ruangan. 

Forklift Mesin diesel ini juga lebih hemat bahan bakar dan memiliki akselerasi dan kecepatan angkat yang lebih baik. Itulah mengapa forklift jenis ini sering digunakan di dalam Industri untuk  memudahkan pekerjaan serta menekan biaya anggaran perusahaan.

Di tinjau dari segi komponennya, ternyata forklift mesin diesel ini tidak jauh berbeda dari jenis forklift yang lain. Namun terdapat bagian-bagian penting yang terdapat didalam forklift bermesin diesel.

Baca juga :
Rental Forklift Cilegon
Komponen penting forklift dan bagian-bagiannya 


1. Mesin Penggerak
Sesuai namanya, Forklift bertenaga diesel ini jelas menggunakan mesin diesel. Mesin diesel lebih hemat bahan bakar daripada mesin bertenaga LPG dan dapat dijalankan dengan diesel merah dan tangki bahan bakar rata-rata 50 liter. Mesin ini berfungsi sebagai penggerak utama pada sistem hidrolik, sistem brake, steering, transmisi, dan bagian penting lainnya. 

Kinerja truk diesel biasanya lebih baik daripada alternatif listrik, dengan akselerasi dan kecepatan angkat yang lebih baik. Selain itu, jika diperlukan attachment hidraulik, seperti klem yang berputar, penebar garpu hidrolik, tippler maju, dll forklift jenis ini dapat bekerja lebih baik. Biaya perawatan dan servis untuk forklift diesel ini lebih rendah daripada gas, karena komponen mesinnya lebih kuat dan beroperasi dengan "putaran" yang lebih rendah, sehingga mesin diesel memiliki umur yang jauh lebih lama sebelum aus.

2. Garpu atau fork 
Garpu atau fork di dalam bagian forklift berfungsi sebagai penopang untuk lifting dan tilting. Garpu ini terbuat dari 2 buah batang besi panjang berbentuk siku dengan kapasitas angkat 3 hingga 25 ton.  Biasanya sebelum proses pengangkatan, barang tersebut diletakan diatas pallet supaya barang tetap dalam kondisi yang seimbang dan tidak jatuh.

Baca juga :
Rental Forklift Cilegon
Komponen penting forklift dan bagian-bagiannya 

3. Mast
Ialah bagian penting dalam sistem angkat forklift jenis diesel ini. Mast terhubung dengan sistem hidrolik yang berfungsi untuk mengangkat atau menurunkan barang. Mast memiliki jangkauan angkat dari 3 meter hingga hingga 6 meter. Mast adalah bagian penting dalam sistem angkat. Mast berhubungan dengan sistem hidrolik yang berfungsi untuk lifting dan tilting.

4. Counterbalance / Counterweight
Pada saat forklift mengangkat beban berat, beban yang di angkat oleh forklift mesti di pastikan dalam kondisi seimbang. Berat penyeimbang sebanding dengan berat beban maksimal. Didalam forklift jenis diesel ini, penyeimbang berada di bagian belakang forklift. Sedangkan untuk lift listrik, baterai sering dijadikan sebagai penyeimbang.

5. Kabin
Kabin didalam Forklift bertenaga diesel ini dapat di Instal sesuai kebutuhan. biasanya untuk forklift jenis ini sudah teristal kabin karena fungsi kabin sendiri untuk melindungi operator dari kejatuhan benda berat juga dapat melindungi operator dari sengatan matahari dan hujan saat bekerja di luar ruangan. Kursi pengemudi diposisikan untuk memungkinkan operator mengendalikan semua kontrol sepenuhnya. 

6. Ban 
Ban forklift biasanya terbagi menjadi ada 2 jenis ban diantaranya ban yang diisi oleh angin dan ban yang tanpa angin. Ban yang tanpa angin ini biasanya digunakan di medan yang lebih berat sedangkan untuk medan yang lebih ringan biasanya digunakan ban yang diisi oleh angin. Ban forklift terdapat di depan dan belakang, dan masing masing terdapat 2 belakang, dengan besaran yang berbeda. karena masing-masing ban memiliki fungsi yang berbeda.

Untuk Rental Forklift melalui https://www.rentalforkliftcilegon.com

Silakan hubungi kami melalui kontak dibawah ini, pilih tombol yang anda inginkan