Cara cepat ganti oli forklift

Cara cepat ganti oli forklift

Perawatan forklift sama seperti perawatan kendaraan bermesin lainnya, forklift juga membutuhkan perawatan forklift yang benar. Selain sparepart , pelumas/oli juga dibutuhkan untuk mesin agar mesin dapat beroperasi dengan baik. Oli sudah menjadi seperti spare part fast moving yang memang dibutuhkan oleh setiap mesin dalam jarak tempuh atau jam kerja tertentu. 

Seiring pemakaian, oli yang berada didalam mesin akan mengalami  reaksi kimia sehingga mengubah warnanya menjadi terlihat hitam. Pada situasi seperti ini, maka mesin forklift dapat berjalan lamban juga suara mesin akan terdengar lebih keras dari biasanya. Maka disinilah saatnya mengganti oli forklift di butuhkan.

Lantas, berapa lama ganti oli forklift? Salah satu tanda anda harus segera menggati oli forklift adalah dengan keluarnya asap berwarna hitam. Bila sudah seperti ini di anjurkan agar segera megganti oli forklift. Jika tidak, filter oli akan tersumbat, mesin forklift Anda tidak lagi cukup dilumasi, dan pada akhirnya akan terlalu panas dan rusak sepenuhnya, dan saat anda mengganti oli forklift sudah tidak berguna lagi.  

Berikut cara mengganti oli forklift secara profesional :

1. Nyalakan dan matikan mesin.
Nyalakan mesin dan biarkan berjalan sampai oli hangat.Kemudian matikan mesin. Anda akan melihat bahwa oli lebih tebal dan lebih mudah untuk dikeringkan.

2. Siapkan perlengkapan.
Sambil menunggu, siapkan kunci yang dibutuhkan dan siapkan wadah penampung oli yang akan diganti.

3. Lepas baut dan penutup oli.
Lepas baut yang ada di bawah mesin dan lepas penutup oli mesin. Pastikan oli tidak tercecer kemana-mana untuk menjaga kebersihan area.

4. Keluarkan oli.
Buang oli yang ada didalam mesin dan Tunggu 30 -50 menit hingga mesin benar-benar kering. Kemudian buang oli bekas tersebut dan pasang baut kembali.

5. Isi oli sampai batas atas kapasitas. 
Pastikan baut sudah terpasang, kemudian tuang oli baru hingga batas atas, pastikan oli tidak meluber kemana-mana. kapasitas oli mesin forklift komatsu mungkin berbeda dengan kapasitas oli mesin forklift mitsubishi dan forklift mesin lainnya. begitupun kapasitas oli mesin forklift 5 ton dengan kapasitas oli mesin forklift 2.5 ton juga berbeda.

6. Tutup kembali penutup oli.
Tutup kembali penutup oli dan pastikan tertutup dengan sempurna.

7. Nyalakan mesin
Tunggu beberapa saat sebelum menyalakan mesin, kemudian nyalakan mesin agar oli dapat bersilkulasi dengan sempurna.

8. Matikan mesin forklift dan selesai.
Bila ada bagian yang belum difahami, segera hubungi profesional agar dapat melakukan penggantian oli dengan sempurna.